Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Cek Mesin Motor Matic Bekas

Tips Cek Mesin Motor Matic Bekas


Jual Beli Motor Bekas Sidoarjo

Membeli motor matic bekas membutuhkan ketelitian ekstra, terutama pada bagian mesin. Di artikel sebelumnya kami di @hensindomotor telah membagikan informasi tentang Tips Perawatan Motor Manual. Dan, dalam artikel kali ini, kami akan mengajak anda mengenali tips mengecek mesin motor bekas. Simak terus ulasan kami berikut ini!

1. Periksa Kondisi Fisik Mesin

  • Lihat kebocoran oli: Periksa area sekitar mesin dan CVT (Continuously Variable Transmission) terhadap noda atau tetesan oli. Oli yang rembes menandakan adanya kebocoran yang bisa merepotkan nantinya.
  • Perhatikan suara mesin: Hidupkan mesin motor dan dengarkan suaranya. Mesin yang sehat seharusnya mengeluarkan suara halus dan stabil. Hindari mesin yang mengeluarkan suara kasar, berdecit, atau ngelitik karena bisa jadi indikasi kerusakan komponen internal.

2. Tes Performa Mesin

  • Gas spontan: Setelah mesin hidup, coba putar handle gas secara perlahan dan bertahap. Respon mesin yang baik akan mengikuti putaran gas dengan halus. Jika mesin tersendat atau telat merespon, itu bisa jadi indikasi masalah pada karburasi atau suplai bahan bakar.
  • Test drive: Lakukan test drive untuk merasakan performa mesin saat berkendara. Perhatikan tarikan awal, tenaga mesin di tanjakan, dan apakah ada getaran tidak normal.

3. Cek Kondisi Asap Knalpot

  • Asap knalpot yang sehat berwarna bening atau putih tipis. Hindari motor yang mengeluarkan asap berwarna hitam pekat karena bisa menandakan pembakaran tidak sempurna atau oli mesin terbakar. Asap berwarna biru mengindikasikan oli mesin ikut terbakar ke ruang bakar, yang bisa jadi masalah pada ring piston atau seal klep.

4. Periksa Oli Mesin

  • Oli mesin harus bersih dan tidak ada serbuk metal: Oli mesin yang menghitam dan terdapat serbuk logam halus bisa menjadi pertanda keausan komponen internal mesin.
  • Cek ketinggian oli: Pastikan oli mesin berada pada batas aman yang tertera pada dipstick oli. Oli mesin yang kurang bisa membuat mesin cepat panas dan aus.

5. Bawa ke Bengkel Terpercaya (Optional)

  • Idealnya, bawalah motor matic bekas yang hendak anda beli ke bengkel resmi atau bengkel langganan untuk dilakukan pengecekan lebih komprehensif.  Bengkel bisa menggunakan tools khusus untuk memeriksa kondisi mesin secara lebih detail.

Penutup

Tanyakan kepada penjual tentang riwayat servis motor tersebut. Pastikan semua dokumen kendaraan seperti BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) lengkap dan sesuai dengan kondisi motor. Dengan menerapkan tips ini, anda dapat lebih waspada dan selektif dalam memilih motor matic bekas yang kondisinya prima.

Hensindo Motor (Dealer Jual Beli Motor Bekas Cash/Kredit Sidoarjo)


Motor Matic, Motor Bebek, dan Motor Sport (Daftar Produk)

Hotline



Alamat


Showroom: Jl. Raya Tropodo No.41, Tropodo Wetan, Tropodo, Kec. Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61256 (Google Maps)

Blog Roll


Daftar Artikel Terbaru dari Situs Hensindo Motor (Daftar Artikel)