Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Cek Lampu Motor Matic Bekas

Tips Cek Lampu Motor Matic Bekas


Jual Beli Motor Bekas Sidoarjo

Lampu pada motor matic berfungsi vital untuk keamanan dan keselamatan berkendara, terutama di malam hari dan saat hujan. Di artikel sebelumnya kami di @hensindomotor telah membagikan informasi tentang 5 Tips Cek Mesin Motor Matic Bekas. Dan, dalam artikel kali ini, kami akan mengajak anda mengenali tips untuk memastikan kondisi lampu pada motor matic bekas berfungsi dengan baik. Simak terus ulasan kami berikut ini!

1. Periksa Visual Kondisi Lampu

  • Lihat kondisi mika lampu: Amati mika lampu depan, belakang, sein, dan rem. Pastikan mika lampu tidak kusam, menguning, atau terdapat retakan. Mika lampu yang kusam akan mengurangi daya penerangan lampu.
  • Perhatikan kelengkapan lampu: Pastikan semua lampu, termasuk lampu depan (utama dan jauh), lampu belakang, lampu rem, sein (kanan dan kiri), lampu plat nomor, dan lampu speedometer dalam keadaan terpasang lengkap dan tidak ada yang hilang.

2. Periksa Instrumen Lampu Indikator

Lihat kondisi lampu indikator, cek apakah lampu indikator seperti lampu sein, lampu netral, lampu high beam, dan lampu engine check menyala dengan baik.

3. Nyalakan dan Tes Fungsi Lampu

  • Hidupkan mesin dan nyalakan lampu: Setelah menyalakan mesin, nyalakan lampu utama (depan) dan lampu belakang. Pastikan lampu menyala dengan terang dan tidak redup.
  • Cek lampu sein: Nyalakan lampu sein kanan dan kiri bergantian. Pastikan lampu sein berkedip dengan normal, tidak berkedip terlalu cepat atau terlalu lambat. Perhatikan bunyi flasher sein, seharusnya berbunyi ‘tik-tok’ dengan ritme sesuai kedipan lampu.
  • Injak rem dan cek lampu rem: Injak pedal rem belakang dan lihat apakah lampu rem menyala dengan terang. Lampu rem yang tidak berfungsi optimal sangat berbahaya karena pengendara di belakang tidak bisa mengetahui anda sedang mengerem.

4. Bandingkan dengan Spesifikasi

Cari tahu spesifikasi lampu bawaan. Pelajari spesifikasi motor matic bekas yang anda incar. Cari tahu jenis lampu yang digunakan (misalnya bohlam halogen atau LED) dan daya watt-nya. Ini berguna untuk memastikan penjual tidak mengganti lampu dengan spesifikasi yang lebih rendah.

5. Pertimbangkan Umur Lampu

Tanyakan riwayat penggantian lampu. Tanyakan kepada penjual kapan terakhir kali lampu diganti. Lampu bohlam memiliki umur pakai, sehingga anda bisa memperkirakan biaya tambahan untuk penggantian lampu ke depannya.

Penutup

Idealnya, bawa motor matic bekas yang hendak anda beli ke bengkel untuk dilakukan pengecekan kelistrikan dan fungsi lampu secara lebih detail menggunakan alat khusus. Dengan menerapkan tips ini, anda dapat memastikan bahwa lampu pada motor matic bekas berfungsi dengan baik dan membuat perjalanan lebih aman, terutama pada malam hari.

Hensindo Motor (Dealer Jual Beli Motor Bekas Cash/Kredit Sidoarjo)


Motor Matic, Motor Bebek, dan Motor Sport (Daftar Produk)

Hotline



Alamat


Showroom: Jl. Raya Tropodo No.41, Tropodo Wetan, Tropodo, Kec. Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61256 (Google Maps)

Blog Roll


Daftar Artikel Terbaru dari Situs Hensindo Motor (Daftar Artikel)